Sabtu, 07 November 2015

Software Winbox Untuk Setting Mikrotik RouterOS

Dalam konfigurasi Mikrotik RouterOS ada beberapa cara yang bisa dilakukan baik itu melalui CLI (Command Line Interface) maupun GUI (Graphical User Interface). Contoh konfigurasi dengan menggunakan command Line yaitu memakai software atau utility putty, melalui Mikrotik RouterOS itu sendiri dan Lain sebagainya. Bagaimana bila setting menggunakan GUI (Graphical User Interface)? salah satu cara setting Mikrotik RouterOS dalam mode GUI yaitu dengan menggunakan Winbox.

Winbox adalah sebuah software atau utility yang dipakai untuk melakukan konfigurasi/setting Mikrotik RouterOS dalam mode GUI (Graphical User Interface). Sehingga akan sangat membantu dalam konfigurasi Mikrotik RouterOS daripada konfigurasi dalam mode CLI yang disetting dengan beberapa perintah (Command Line).

Software Winbox lebih User Friendly dari pada mensetting dalam mode text sehingga mengkonfigurasi Mikrotik RouterOS dengan memakai winbox lebih banyak digunakan karena selain pemakaiannya yang mudah juga tidak perlu repot-repot menghafal perintah-perintah dasar Mikrotik RouterOS. Melalui Winbox ini semua perintah sudah tersedia dalam bentuk Graphical Menu sehingga ketika mensetting Mikrotik RouterOs tinggal Klik, pilih, setting, dan apply.
Jika anda belum mempunyai software winbox untuk mengkonfigurasi Mikrotik RouterOS anda bisa download winbox disini.

Tampilan Winbox Untuk Setting Mikrotik RouterOS 
Keterangan :
  • Connect
    Login ke Mikrotik RouterOS dengan mengisikan alamat IP Address, dan nomor port (port secara default pada port 80) bisa juga berisi alamat Mac (bisa login konfigurasi Mikrotik jika network berada pada subnet yang sama dengan Router). Masukkan username dan password, kemudian pilih connect guna mengakses Router.
  • Save
    Menyimpan IP Address, username serta password pada list (Untuk mengakses data yang sudah pernah dibuka, hanya dengan double klik pada item yang dipilih).
  • Remove
    Untuk menghapus list yang sudah pernah dibuat sebelumnya.
  • Tools
    Untuk menghapus semua list yang sebelumnya pernah disimpan pada winbox serta menginport dan exsport list address.
  • Secure Mode
    Memberikan keamanan konfigurasi Mikrotik RouterOS antara winbox dan Router pada protocol Transport Layer Security (TLS).
  • Keep Password
    Menyimpan password Mikrotik RouterOS yang sebelumnya pernah dibuka, hal ini sangat berbahaya karena setiap orang bisa langsung login ke Router tanpa harus memasukan username dan password.
Berikut adalah contoh tampilan konfigurasi Mikrotik RouterOS dengan menggunakan winbox :

1 komentar:

  1. Software Winbox Untuk Setting Mikrotik Routeros ~ Komputer And Jaringan >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Software Winbox Untuk Setting Mikrotik Routeros ~ Komputer And Jaringan >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Software Winbox Untuk Setting Mikrotik Routeros ~ Komputer And Jaringan >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus