Kamis, 06 Maret 2014

Mengelola dalam Lingkungan Bisnis Dinamis: Mengambil Risiko dan Menghasilkan Laba


 


A. Bisnis adalah aktivitas apapun yang berusaha untuk menyediakan barang dan jasa kepada pihak-pihak lain saat mengoprasikannya untuk mencapai laba.

  • Apakah kaitan antara risiko, laba, dan kerugian
Laba adalah jumlah uang yang di peroleh sebuah bisnis selain dari jumlah yang di keluarkan untuk gaji dan biaya-biaya lainnya. Pelaku bisnis menghasilkan laba dengan mengambil risiko. Risiko adalah peluang seseorang pengusaha untuk kehilangan waktu dan uang dalam sebuah bisnis yang mungkin nantinya terbukti tidak menguntungkan. Kerugian terjadi saat biaya-biaya sebuah bisnis melebihi pendapatannya.
  • Bagaimana bisnis meningkatkan sumber dan kualitas hidup dari suatu kelompok masyarakat ?
Bisnis dan karyawan-karyawannya menciptakan kekayaan yang di gunakan masyarakat untuk membeli barang dan jasa. Bisnis, melalui pajak, juga merupakan sumber dana bagi instansi-instansi pemerintah dan organisasi nirlaba yang membantu untuk meningkatkan kualitas hidup suatu masyarakat. Kualita hidup merujuk suatu pada kesejahteraan suatu masyarakat secara umum dalam hal kebebasan berpolitik., lingkungan hidup alami yang bersih ,keamanan, pendidikan, perawatan kesehatan, waktu luang, dan segala sesuatu yang menuju pada kepuasan dan kesenangan (selain dari barang-barang). Jadi, bisnis dapat meningkatakan kualitas dan standar hidup suatu masyarakat dengan cara menciptkan kekayaan yang di perlukan untuk mendanai kemajuan dalam bidang-bidang tersebut.
  • Kelompok-kelompok apa saja yang di anggap sebagai pemegang kepentingan, dan pemangku kepentingan mana yang di anggap paling penting dalam bisnis ?
Pelaku kepentingan mencakup pelanggan, karyawan, pemegang saham, pemasok, diler, banker, masyarakat lingkungan setempat, pemerhati lingkungan, dan pimpinan pemerintahan terpilih. Tujuan dari pemimpin bisnis adalah mencoba menyeimbangkan kebutuhan dari seluruh pemangku kepentingan ini dan masih memperoleh laba. Hal ini merupakan satu tantangan saat timbul peluang untuk melakukan pengontrakan keluar. Para pelaku bisnis sering kali harus memilih antara tenaga kerjalebih murah dan lebih banyaklaba dengan cara mengirimkan pekerjaan ke luar negeri atau mempertahankan karyawan merekadi Negara asal dan mencoba membuat mereka lebih produktif.
B. Pengusaha adalah orang yang mempertaruhkan waktu dan uang untuk memulai dan mengelola satu bisnis.
  • Apakah pentingnyakewirausahaan dalam darter lima factor produksi ?
Bisnis mengutamakan lima factor produksi: tanah (sumber daya alam), tenaga kerja (para pekerja), modal (gedung-gedung dan mesin-mesin), kewirausahaan, dan pengetahuan. Dari semua ini, yang terpenting adalah kewirausahaan dan pengetahuan (informasi yang di kelola) karena tanpa itu, tanah, tenaga kerja, dan modal tidak ada gunannya.
C. Faktor-faktor ekonomi mempengaruhi bisnis dengan cara meningkatkan atau menurunkan risiko memulai sebuah bisnis.
  • Apa saja hal-hal yang dapat di lakukan pemerintah Negara berkembang untuk mengurangi risiko memulai  bisnis ?
Teknologi memungkinkan para pekerja untuk menjadi lebih efektif, efisien, dan produktif. Efektivitas berarti melakukan hal yang benar dengan cara yang tepat. Efisiensi berarti memproduksi barang dengan menggunakan jumlah sumber daya yang paling sedikit. Produktivitas adalah jumlah keluaran yang anda hasilkan dengan sejumlah tertentu masukan (misalnya, jumlah jam kerja). Semakin banyak di hasilkan pekerja dalm satu periode waktu tertentu, semakin tinggi nilai mereka bagi perusahaan, dan semakin banyak yang mereka peroleh.
D. Beradaptasi pada perubahan teknologi merupakan salah satu tugas terpenting bagi manajemen.
  • Bagaimana teknologi memberi manfaat bagi pekerja, bisnis, dan konsumen ?
Teknologi memungkinkan para pekerja untuk menjadi lebih efektif, efisien, dan produktif. Efektivitas berarti melakukan hal yang benar dengan cara yang tepat. Efisiensi berarti memproduksi barang dengan menggunakan jumlah sumber daya yang paling sedikit. Produktivitas adalah jumlah keluaran yang anda hasilkan dengan sejumlah tertentu masukan (misalnya, jumlah jam kerja). Semakin banyak di hasilkan pekerja dalm satu periode waktu tertentu, semakin tinggi nilai mereka bagi perusahaan, dan semakin banyak yang mereka peroleh.
E. Persaingan antar bisnis belum pernah seketat ini.
  • Apa saja cara-cara yang dapat di lakukan bisnis untuk menjawab dan mengalahkan persaingan ?
Beberapa perusahaan menemukan senjata bersaing dengan focus pada menghasilkan produk berkualitas tinggi, menuju cacat nol. Perusahaan juga berusaha untuk melebihi harapn pelanggan. Sering kali ini berarti pemberdayaan pekerja lini depan dengan cara member mereka pelatihan dan lebih banyak tanggung jawab dan otoritas.
F. Amerika Serikat sedang mengalami satu revollusi sosial yang menyebabkan akibat dramatis pada bagaimana orang menjalani hidup, di mana mereka tinggal, apa yang mereka beli, dan bagaimana mereka menghabiskan waktunya.
  • Bagaimana perubahan-perubahan sosial tersebut memengaruhi bisnis ?
Populasi yang beragam menantang bisnis untuk dapat mengelola angkatan kerja yang beragam. Dengan lebih banyak perempuan memai lapngan kerja, perusahaan telah mengimplementasikan beragai program untuk membantu keluarga-keluarga dengan dua penghasilan dankeluarga-keluarga dengan orang tua tunggal. Banyak pemberi kerja yang menyediakan tempat penitipan anak untuk mempertahankan karyawan berharga mereka. Ancaman terbesar bagi bisnis bias jadi adalah hilangnya kepercayan yang di sebabkan oleh skandal. Inilah sebabnya mengapa bacaan ini sangat menekankan etika bisnis.
G. Persaingan global belum pernah seketat ini.
  • Negara-negara mana yang menimbulkan tantangan terbesar ?
Cina telah mengambil banyak proses produksi dari perusahaan-perusahaan manufaktur Amerika Serikat. Perusahaan-perusahaan Cina akan terus menjadi ancaman persaingan dalam tahun-tahun mendatang. India juga merupakan pesaing utama, terutama dalam penyediaan  jasa layanan informasi.
  • Apa saja dampak dari perang dan terorisme di masa depan ?
Beberapa bisnis, seperti yang berada dalam industry pertahanan, mungkin mencapai kemakmuran. Hal lainnya seperti pariwisata mungkin mengalami kerugian. Salah satu cara untuk meminimalkan ketegangan dunia adalah dengan cara membantu Negara-negara yang belum maju untuk menjadi lebih makmur.
H. Amerika Serikat telah tumbuh dari satu perekonomian berbasis industry ke industry berbasis jasa dan dari satu perekonomian yang di dominasi oleh isu-isu dalam negeri ke perekonomian yang di dominasi isu-isu global.
  • Apa makna tren-tren ini bagi lulusan universitas dimasa depan.
Lihatlah gambar yang menggambarkan sector jasa. Di sanalah anda kemungkinan besar akan menemukan perusahaan-perusahaan yang tumbuh paling cepat di masa depan.
  • Bagaimanakah sejarah perkembangan perekonomian Amerika Serikat, dan apa yang dapat Anda tangkap dari sejarah tersebut sehubungan dengan masa depan?
Apa yang telah mempertahankan Amerika Serikat sebagai pemimpin perekonomian dunia adalah pengembangan dan penggunaan teknologi untuk mrningkatkan produktivitas. Sektor pertanian, contohnya, telahmampu memproduksi lebih banyak makanan dengan sedikit pekerja. Pekerja pertanian yang tidak mendapat pekerjaan akhirnya bekerja di pabrik, memproduksi lebih banyak hasil industry. Produktivitas yang menigkat yang di hasilkan dari kombinasi teknologi dan meningkatkan persaingan dari perusahaan-perusahaan asing mengurangi kebutuhan akan pekerja pabrik dan memberi sumbungan pada pengembangan perekonomian jasa di Amerika Serikat. Era jasa kini mulai tersisih oleh revolusi global berbasis informasi yang akan memengaruhi seluruh sector perekonomian. Rahasia sukses jangka panjang dalam perekonomian seperti ini adalah fleksibilitas dan pendidikan berkelanjutan untuk mempersiapkan diri menghadapi peluang yang akan datang. 
  

0 komentar:

Posting Komentar