Sabtu, 07 November 2015

Cara Registrasi Lisensi Key Mikrotik RouterOS

Pada pertemuan sebelumnya telah saya bahas tentang artikel yang berjudul Tutorial Installasi Mikrotik Routeros Pada PC. Akan tetapi software yang telah diinstall tersebuat masih dalam versi trial. Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara registrasinya agar software tersebut menjadi full version.

Langkah - langkahnya sebagai berikut :




  1. Koneksikan PC Mikrotik dengan PC lainnya atau laptop dengan memakai kabel UTP. Namun sebelumnya harus dikonfigurasikan terlebih dahulu IP Address Mikrotik RouterOSnya. Lihat gambar berikut. 

  2. Konfigurasikan IP Address PC/laptop untuk meremote PC Mikrotik RouterOS. Caranya buka Control Panel -- Network and Internet -- Network and Sharing Center -- klik kanan Local Area Connection -- Properties -- Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) kemudian konfigurasi IP Addressnya dengan Mikrotik RouterOS yang sekelas. Lihat gambar berikut. 
  3. Buka software Winbox. Jika belum punya bisa download Disini.
  4. Login ke Mikrotik memakai Winbox dengan cara menscan MAC Address Mikrotik RouterOS. Kemudian akan muncul MAC Address Mikrotik RouterOS. Lihat gambar berikut. 

    Keterangan Aplikasi Winbox :
    - Connect, Login ke Mikrotik RouterOS dengan mengisikan alamat IP Address dan nomor port (default port 80) bisa juga isikan alamat MAC Address (login ke konfigurasi Mikrotik RouterOS jika network berada pada subnet yang sama dengan Router). Masukan username dan password, kemudian pilih connect untuk mengakses Router.
    - Save, Menyimpan IP Address, username, serta password pada list (untuk menjalankan list yang sudah pernah dibuka, gunakan doubel klik pada item yang dipilih).
    - Remove, Untuk menghapus semua list yang pernah tersimpan sebelumnya.
    - Tools, Untuk menghapus semua list yang sebelumnya pernah disimpan pada Winbox serta menginport dan export list address.
    - Secure Mode, Memberikan keamanan pada konfigurasi Mikrotik RouterOS antara Winbox dan Router pada protocol Transport Layer Security (TLS).
    - Keep Password, Menyimpan password Router yang sebelumnya pernah dibuka, hal ini sangat berbahaya  karena setiap orang bisa langsung login kedalam Router tanpa harus memasukan username dan password. Fungsi ini tidak dianjurkan untuk digunakan karena alasan keamanan.
  5. Pada halaman utama Winbox "RouterOS Welcome" dengan note Router anda tidak memiliki key dan Router akan terhenti dalam kurun waktu 23 jam 50 menit. Lihat gambar berikut. 
  6. Pada halaman utama Winbox klik System -- Licence.
  7. Kemudian klik Import Key -- pilih file lisensi level 6 yang sudah didownload sebelumnya.
  8. Setelah itu akan muncul notifikasi "Reboot now?" -- OK maka Router akan merestart dan disconnect dengan sendirinya. Lihat gambar berikut. 
  9. Login kembali dengan menggunakan software Winbox ke Mikrotik RouterOS, kemudian buka menu System -- Licence maka akan muncul notifikasi bahwa Mikrotik RouterOS anda sudah berhasil diregistrasi dengan lisensi level 6. Lihat gambar berikut. 
  10. Sekarang Mikrotik RouterOS anda sudah berhasil diregistrasi dan siap untuk digunakan secara full time.

    Sekian artikel tentang Cara Registrasi Lisensi Key Mikrotik RouterOS. Semoga bisa bermanfaat bagi anda.
    Sampai bertemu di artikel selanjutnya :).


    Baca juga Monitoring Network Menggunakan Software The Dude.

0 komentar:

Posting Komentar