Sabtu, 07 November 2015

Monitoring Network Menggunakan Software The Dude

Memonitoring network/jaringan adalah tugas wajib seorang administrator dalam hal mengelola network yang telah dibuatnya khususnya dalam perusahaan layanan internet seperti ISP (Internet Service Provider). Banyak software networking untuk memonitoring network baik yang gratis maupun yang berbayar. Beberapa software networking untuk memonitoring network diantaranya seperti Cacti, Munin, Zenoss, Zabbix, Nagios khusus untuk sistem operasi linux dan The Dude, Wireshark khusus untuk sistem operasi Windows.

Tetapi kali ini saya akan membahas tentang memonitoring network menggunakan software The Dude untuk memonitoring dan memantau network. The Dude sendiri merupakan software yang dikeluarkan oleh mikrotik khusus untuk windows guna memonitoring network dengan cara yang simple dan efisien tetapi powerfull.
The Dude bisa melakukan scan network secara otomatis pada semua perangkat yang terhubung pada subnet network tertentu dan bisa memonitoring perangkat yang sudah ditambahkan kedalam The Dude. Hasil scannya berupa gambar topology network yang muncul secara otomatis namun cara ini kurang efektif karena semua network yang tidak perlu dimonitoring juga akan ikut dimunculkan kedalam The Dude. Maka ada baiknya ketika ingin memonitoring dengan menggunakan software The Dudesebaiknya menambahkan satu per satu perangkat yang akan dimonitoring. Setelah semua perangkat yang ingin dimonitoring berhasil di tambahkan dalam Map The Dude maka secara otomatis bila ada perangkat yang down/up akan terlihat status perangkatnya.
The Dude bisa melakukan scanning otomatis pada semua perangkat yang tersambung pada subnet network tertentu. Hasil scanningnya berupa gambar peta konfigurasi network yang muncul secara otomatis. Peta konfigurasi network ini akan menggambarkan kondisi network apakah down/up.
The Dude biasanya menampilkan transfer data antar perangkat di network, sehingga bisa memantau traffic yang berjalan di network yang kita kelola secara menyeluruh dengan mudah. Selain itu The Dude juga bisa melakukan identifikasi secara otomatis pada jenis perangkat yang ada didalam network dengan cara menscan service yang digunakan oleh perangkat dan mengidentifikasikan port pada perangkat yang telah di scan tersebut, misalkan port yang sudah diidentifikasi adalah port 80, maka The Dude mengidentifikasi perangkat itu sebagai web server.

Langkah Installasi :

  1. Download intallasi The Dude versi beta Disini.
    Apabila menginstall The Dude versi beta ini pada server The Dude maka ketika ingin meremote The Dude pada PC server, pada PC remote juga harus terinstall software The Dude versi beta.
  2. Install software The Dude sampai selesai.
  3. Buka software The Dude, akan muncul tampilan login The Dude seperti gambar dibawah ini. 

    Login The DudeServer : localhost/IP Address PC server The Dude.
    Mode
    Poin
    (ketika ingin menjadi server The Dude) Port : 2210
    Secure
     (ketika ingin meremote server The Dude) Port : 2211
    Username : admin (default)
    Password : -kosongkan-
  4. Kemudian login The Dude sebagai server, maka akan muncul tampilan local server seperti gambar dibawah ini. 
  5. Double klik Network Maps -- klik kanan pada Network Maps dengan nama "local" kemudian klik setting.
  6. Kemudian rename "Network Maps" yang akan dimonitoring seperti gambar dibawah ini. 
  7. Pada menu Polling, beri tanda checklist di kolom "Use Notification" kemudian pilih jenis notifikasi yang diperlukan dan klik "OK" untuk membuat Network Maps tersebut seperti gambar berikut ini. 
  8. Untuk menambahkan perangkat pada Network Maps yang telah dibuat "MM", caranya dengan double klik pada Network Maps yang akan ditambahkan perangkat -- klik kanan -- Add Device.
  9. Kemudian akan muncul tampilan "Add Device", lalu isiskan alamat yang akan di monitoring -- klik next. Lihat gambar berikut. 
  10. Kemudian tambahkan "probe" yang akan dimonitoring. Dalam kasus ini saya memilih ping karena untuk mengecek koneksi sebuah perangkat dan internet -- OK. Lihat gambar berikut. 
  11. Kemudian double klik perangkat yang telah ditambahkan tadi dan rename serta setting pengaturan yang diperlukan. Lihat gambar berikut. 

    Jika yang dimonitoring adalah Mikrotik RouterOS, maka dapat di setting username dan passwordnya, login MIkrotik RouterOS pada kolom username dan password.

    Baca juga Tutorial Installasi Mikrotik RouterOS Pada PC.
    Baca juga Cara Registrasi Lisensi Key Mikrotik RouterOS.
  12. Untuk menambahkan perangkat lain yang akan dimonitoring sama persisi seperti langkah-langkah diatas. Dalam hal ini saya mencontohkan memonitoring google.com. Selebihnya bisa anda kembangkan sendiri. Lihat gambar berikut. 
  13. Jika ingin menambahkan Network Maps baru maka tinggal klik kanan -- pilih submap kemudian beri nama pada Maps yang akan dibuat. Lihat gambar berikut. 
  14. Sampai disini kita sudah dapat memonitoring sebuah network yang telah kita kelola dengan menggunakan software The Dude, namun hanya bisa dilihat pada PC server Dude saja, lalu bagaimana jika ingin membuka server Dude pada PC lain (client) ?
    Jika ingin meremote server Dude, caranya dengan membuka software The Dude tetapi pada saat login pilih Mode Secure dan masukan username dan password server The Dude yang akan di remote -- Connect. Lihat gambar berikut. 
Dude client adalah software yang terinstall pada PC yang akan digunakan untuk mengontrol Dude server menggunakan tampilan grafis. Ketika client mengaktifkan Dude client dan terkoneksi ke Dude server, maka sesungguhnya clicent sedang membuka sebuah Dude server tergantung username pada saat login, apakah username itu full atau hanya bisa di read saja.
Setiap konfigurasi yang dilakukan pada Dude client akan tersimpan secara otomatis pada Dude server ketika client logout (disconnect), maka konfigurasi tidak akan hilang. Dude server dan Dude client memakai software yang sama sehingga ketika anda menggunakan Dude versi beta pada server, maka pada Dude client juga harus terinstall Dude versi beta juga. Jika tidak, maka mustahil akan bisa terkoneksi.

Catatan :
Ketika Dude akan digunakan sebagai server, maka opsi enable server harus diaktifkan yang ditandai dengan warna hijau pada "Local Server". Lihat gambar berikut. 

Keterangan Gambar :
Jika login dengan keadaan local server berwarna hijau, maka Dude tersebut berfungsi sebagai server.

0 komentar:

Posting Komentar